Tema SeNdiMat 2024

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini menghasilkan teknologi baru yang lebih sederhana, murah dan efisien. Keadaan ini mengakibatkan suatu fenomena yang kita kenal dengan disrupsi teknologi. Disrupsi teknologi adalah suatu keadaan di mana terjadi perubahan besar dalam mengoperasikan alat dan mesin, menjalankan bisnis, berkomunikasi, bekerja, dan bahkan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari akibat penerapan teknologi baru yang lebih efisien, inovatif, dan dapat mengubah tatanan yang ada.

Matematika memainkan peran sangat penting dalam perkembangan dan implementasi teknologi. Dalam konteks disrupsi teknologi, matematika bukan hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai dasar utama keilmuan dalam menciptakan inovasi dan mengatasi tantangan yang timbul. Teknologi untuk sistem layanan dan pemasaran membutuhkan pendekatan yang berbasis data, algoritma, dan pemodelan matematis untuk memprediksi, menganalisis, dan menyelesaikan berbagai masalah yang muncul. Dalam bidang jasa asuransi dan keuangan, algoritma matematika, statistika dan probabilitas digunakan untuk analisis resiko serta prediksi kejadian tak tentu di masa depan, serta untuk keamanan data. Riset operasi untuk optimasi teknologi pengiriman. Kalkulus, regresi, dan probabilitas, untuk analisis big data, misalnya untuk kepentingan prediksi perilaku pengguna e-commerce, dan masih banyak lagi peran matematika yang mendasari berbagai teknologi.

Dengan peran matematika di era disrupsi teknologi yang sangat penting seperti tersebut di atas, maka penting untuk tetap menjaga kemampuan matematika sumber daya manusia Indonesia. Upaya untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan matematika sumber daya manusia Indonesia adalah melalui pendidikan, khususnya pembelajaran matematika. Salah satu aktor utama pembelajaran matematika adalah guru matematika. Oleh karena itu penting bagi Indonesia untuk menjaga kualitas guru matematika.

SeNdiMAt tahun 2024 ini diselenggarakan secara hybrid dan mengambil tema Transformasi Kompetensi Guru Matematika di Era Disrupsi Teknologi diharapkan dapat menjadi ruang dialogis untuk membangun dan menemukan ide-ide baru mengenai pembelajaran matematika dan kompetensi yang harus dimiliki guru matematika untuk membelajarkan, serta upaya  peningkatan kompetensi berkelanjutan guru matema

Narasumber dan Pembicara

Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed.

Prof.Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed.  saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Di forum SeNdiMat 2024 beliau akan memaparkan  tentang berbagai upaya untuk mencerdaskan dan memajukan bangsa melalui pendidikan bermutu untuk semua seta tantangannya di bidang pembelajaran Matematika.

Prof.Dr.Nunuk Suryani, M.Pd.

Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.  saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Pada kesempatan SeNdiMat 2024 Prof. Nunuk akan  memberikan paparan tentang  tantangan dan peluang bagi guru matematika di era disrupsi teknologi saat ini. 

Dr. Jarnawi Afgani Dahlan

Dr. Jarnawi Afgani Dahlan sejak tahun 1991 bertugas sebagai dosen di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Dr. Jarnawi akan menyampaikan makalah  dengan judul “Kompetensi Guru Matematika Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran dan Penilaian.”

Dr. Marfuah, M.T.

Dr. Marfuah, M.T. adalah seoarnag widyaiswara di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi D.I.Yogyakarta. Di SeNdiMat 2024 kali ini akan memaparkan makalah dengan judul “Transformasi Model Kompetensi Guru bagi Guru Matematika”

Linimasa dan Link Pendaftaran untuk
Peserta Daring

Kirim Pesan
BBGP DIY | SeNdiMat
Selamat datang di BBGP Provinsi DIY.
Mengenai SeNdiMat 2024
Apa yang bisa kami bantu?