Sosialisasi Buku “Berbagi Praktik Baik” Implementasi PSP dan Launching Buku “Dari Paliyan ke Senayan”

Yogyakarta – Selasa (21/5/2024) #BBGPDIY menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Buku Berbagi Praktik Baik Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2 sekaligus Launching Buku “Dari Paliyan ke Senayan”, di SMP Negeri 2 Paliyan, Kab. Gunungkidul, DIY.

Sosialisasi buku berbagi praktik baik dengan judul “Jendela Sekolah” merupakan kumpulan cerita inspiratif praktik baik implementasi PSP Angkatan 1 dan 2 di DIY. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Tim Kerja Transformasi Sekolah, Sumadi, S.Pd., M.Si., saat menyampaikan laporan kegiatan bahwa buku tersebut merupakan pengalaman yang sudah dilakukan oleh Kepala Sekolah yang dituangkan dalam tulisan. Melalui buku ini hasil praktik baik yang telah ditulis bisa menjadi inspirasi dan wawasan bagi sekolah lainnya, demikian dikatakan oleh Kepala Bagian Umum #BBGPDIY , Hari Suryanto, S.IP., M.PA., saat membuka kegiatan tersebut. Hari juga mengucapkan selamat kepada 10 penulis terbaik yang telah menuliskan cerita inspiratif tersebut.

Pada kesempatan itu juga, peluncuran buku “Dari Paliyan ke Senayan” juga dilaksanakan di waktu yang bersamaan. Buku tersebut merupakan catatan seorang guru yang bernama Rachmadi WIddiharto yang menceritakan perjalanan hidup dan karirnya sejak dari Paliyan salah satu daerah di wilayah Kab. Gunungkidul hingga berhasil melangkahkan kakinya berkarir di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai Direktur Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK, Kemendikbud.

“Yang saya ingin bagikan dalam buku Catatan Seorang Guru: dari Paliyan ke Senayan adalah kompilasi catatan-catatan untuk menjadi motivasi dan inspirasi bagi guru. Saya memilih paliyan karena menjadi tempat pertama kali saya menjadi guru. Saya memilih Paliyan untuk dibawa ke kancah nasional,” kata Rachmadi.

Kepala #BBGPDIY , Dr. Adi Wijaya, S.Pd., M.A., sekaligus yang pernah bersama-sama berkarir sebagai widyaiswara saat di PPPPTK Matematika dahulu mengungkapkan kesannya tentang sosok Rachmadi Widdiharto mengenai keuletan dan kerja kerasnya. Adi juga menambahkan agar pengalaman yang ditulis dalam buku ini bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru.

Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Dinas Pendidikan Kab. Gunungkidul, Baldikmen Kab. Gunungkidul, Pemda Kab. Bantul, Pemda Kab. Gunungkidul, Praktisi Pendidikan, 10 penulis buku “Jendela Sekolah” dan tamu undangan lainnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Dinas Pendidikan Kab. Gunungkidul, Baldikmen Kab. Gunungkidul, Pemda Kab. Bantul, Pemda Kab. Gunungkidul, Praktisi Pendidikan, 10 penulis buku “Jendela Sekolah” dan tamu undangan lainnya. (RK)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *