oleh : Fajar Noer Hidayat
Pada mulanya untuk membuat file PDF kita mesti menginstal perangkat lunak buatan dari Adobe, karena perusahaan Adobe yang pertama memperkenalkan file berformat PDF. (untuk mengetahui lebih lanjut mengenai file PDF (Baca artikel Pengenalan file PDF). Adobe memberi nama perangkat lunak untuk membuat PDF dengan nama Acrobat distiller. Perangkat lunak ini merupakan komponen dari produk-produk Adobe yang bersifat komersial seperti Adobe Acrobat profesional, sehingga harus membayar untuk dapat menggunakan secara legal. Kelebihan perangkat lunak pembuat PDF dari Adobe ini adalah dapat terintegrasi di program-program Microsoft Office dengan tersedianya tambahan toolbar untuk membuat dokumen PDF di MS Word, MS Excel ataupun MS PowerPoint.
Namun sekarang untuk membuat file PDF dapat dilakukan dengan banyak cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pembuat dokumen yang telah menyediakan fasilitas ekspor ke file PDF. Yang kedua adalah dengan menginstal perangkat lunak yang khusus digunakan untuk mengkonversi dokumen apa saja ke format PDF. Yang ketiga adalah menggunakan layanan online untuk mengonversi ke file PDF. Bagaimana membuat file PDF menggunakan ketiga cara itu akan ditunjukkan dengan satu contoh untuk masing-masing cara.