Home » ARTIKEL » Mobile Learning: Pandangan dan Strategi Pengembangannya

Mobile Learning: Pandangan dan Strategi Pengembangannya

1. Pendahuluan

Mobile Learning, biasa disingkat M-Learning, memiliki arti yang berbeda-beda untuk komunitas yang berlainan. Sebagian peneliti memberi penekanan pada keterlibatan teknologi, sedangkan sebagian yang lain menitikberatkan pada sisi edukasi dan tujuan filosofis dari pembelajarannya. Definisi tentang M-Learning pun menjadi beragam, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • M-Learning adalah segala jenis pembelajaran dimana pembelajar tidak di lokasi yang tetap atau sudah ditentukan, namun demikian pembelajar dapat mengambil manfaat dari  teknologi mobile [Mob03].
  • M-Learning merupakan akuisisi dari berbagai pengetahuan dan keahlian lewat penggunaan teknologi mobile, di mana saja dan kapan saja, yang menghasilkan perubahan dalam tingkah laku [Ged04].
  • M-Learning adalah segala ketentuan dan perlengkapan edukasi, yang didominasi teknologi peralatan genggam atau palmtop [Tra05].
  • M-Learning merupakan  interseksi  dari  mobile  computing dan E-Learning. Sumber-sumber pembelajaran dapat diakses dari mana saja, dengan kemudahan dalam pencarian sumber-sumber pembelajaran, dimana E-Learning sendiri memiliki independensi terhadap ruang dan waktu [Qui00].
  • M-Learning adalah pembelajaran melalui komunikasi mobile [Nyi02]

Download file lengkap Mobile Learning: Pandangan dan Strategi Pengembangannya


2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *